Minggu, 12 Februari 2012

Alasan Wanita Sulit Turunkan Berat Badan



Perempuan terkadang merasa sulit menurunkan berat badan dibandingkan laki-laki. Ternyata, itu bukanlah sekedar perasaan. Banyak faktor ilmiah yang menyebabkan perempuan lebih sulit untuk membakar lemak tubuh dibandingkan laki-laki
Berikut alasan-alasannya:
1. Wanita memiliki lebih banyak lemak dibandingkan otot. Perempuan lebih banyak memiliki lemak dibandingkan otot di dalam tubuh. Jaringan otot bersifat lebih aktif dari jaringan lemak. Kalori yang tersimpan dalam otot lebih mudah terbakar. Pria yang memiliki jumlah otot lebih banyak dibandingkan wanita lebih mudah untuk menurunkan berat badan. Dibandingkan lelaki, jumlah lemak yg ada pada tubuh perempuan hampir mencapai 2 kali lipatnya.
2. Distribusi lemak. Perempuan lebih banyak memiliki lemak di bagian bawah tubuh. Sementara lelaki menumpuk lemaknya di tubuh bagian atas. Ada perbedaan sifat lemak dari letaknya di dalam tubuh. Lemak bagian atas lebih cepat terbakar daripada lemak tubuh bagian bawah. Hal ini bisa diuji pada wanita yg sedang diet. Penurunan berat badan diamati dari pengukuran tubuh bagian atas yg lebih mudah mengecil.
3. Perempuan memiliki bentuk tubuh lebih kecil dari pria. Ukuran tubuh yang lebih besar membuat pria lebih mudah kehilangan panas tubuh. Hilangnya panas tubuh dapat meningkatkan metabolisme. Sehingga, hal tersebut mudah menurunkan berat badan.
4. Hormon tubuh. Hormon pria membantu menurunkan berat badan. Testosteron & hormon pertumbuhan dpt meningkatkan tingkat metabolism. Hormon itu bisa meningkatkan massa otot tubuh. Pria menghasilkan lebih banyak testosteron & membakar lemak lebih banyak daripada wanita. Selama kehamilan & siklus menstruasi, sel-sel lemak dlm tubuh wanita mempertahankan jumlah air yg membuat sel-sel lemak memperbesar. Alhasil, adanya air menyebabkan metabolisme lemak menjadi sulit dilakukan oleh wanita.
5. Faktor kehamilan. Sel-sel lemak berkembang biak dan berkembang selama kehamilan. Setelah kehamilan, sel-sel lemak masih ada dalam tubuh. Setiap kali tubuh makan makanan yang berlebih, sel-sel lemak akan semakin luas dan membuat berat badan bertambah.

semoga info ini bermanfaat untuk anda...

0 komentar:

Posting Komentar