Sabtu, 04 Februari 2012

Ide dalam Masalah



Ide-ide besar ternyata ditemukan dari masalah besar, merasakan masalah untuk menghadirkan peluang bisnis yang mengglobal. Ini akan menjadi ilmu yang berguna agar bisa nyambung pada pokok masalah dan menginspirasi solusi
1. Peka merasakan adanya masalah dan menyetujui masalahnya
Jangan habiskan energi untuk mempermasalahkan masalah. Kini, sepakati dulu pokok masalahnya. Lakukan eksplorasi untuk menemukan, lalu buat range atau rangking, kemudian rumuskan. Masalah terbesar saat ini adalah “kedangkalan cara berpikir dan kedangkalan spiritual”
2. Temukan persoalan yang tidak terpecahkan
Setelah disepakati barulah masuk dalam pokok-pokok atau inti atau akar permasalahan tersebut. Pokok masalah gagasan kami adalah “kemiskinan spiritual dan kematian hati tercermin dalm perilaku yang berakibat seretnya rezeki”.
3. Pahami persona masyarakat dengan tepat
Dalam bahasa fatwa ada sesuatu yang berlaku secara khusus orang per orang, ada yang berlaku umum. Cerdas untuk menyelami setiap masalah, memilah, mengkategorikan dan memilih solusi yang tepat. Yang dibutuhkan adalah solusi permanen, yaitu kesadaran beragama dengan tarbiyah Islaamiyyah madal hayaah, long life education.
4. Ukurlah dampak dari solusi yang diberikan
Sejauh mana efektivitas dan efisiensi dari solusi tersebut. Bisa jadi solusi tersebut efektif namun tidak efisien, atau sebaliknya.
5. Ciptakan pengalaman terobosan
Semacam spiritual experience yang dapat benar-benar dirasakan saat seorang menempuh solusi tersebut. Bukan sensasi spiritual, namun pengalaman berharga yang dirasakan langsung secara murah dan penuh berkah.
6. Artikulasi gagasan brilian
Cara tepat menguatkan keyakinan adalah meredaksikan ataua mengartikulasikan gagasan brilian dalam keteladanan amal. Artikulasikan gagasan dengan melibatkan spiritual dan emosional sekaligus sehingga benar-benar komprehensif.
7. Membangun sinergi dengan komunitas
Untuk menjaga keberlangsungan solusi pemecahan secara permanen diperlukan komunitas untuk selalu memperbaharui komitmen spiritual. Apabila ditemukan adanya masalah berikutnya ada “master mind” yang menjadi rujukan.

Semoga info ini bermanfaat untuk anda

0 komentar:

Posting Komentar